Wednesday, March 31, 2010

Jalaludin Haqqani


seorang mujahid dan sarjana Islam.
Ghulam Khan, afghanistan-pakistan Perbatasan - 11 tahun belum pernah terjadi sebelumnya perlawanan terhadap pendudukan Soviet di Afganistan melahirkan banyak tokoh-tokoh legendaris. Namun, dalam hari-hari yang kacau perselisihan sipil di era pasca-Soviet pada awal 1990-an, beberapa legenda ini menjadi tua, atau mengubah jalan mereka, dan akibatnya kehilangan pesona.

Ada satu pengecualian, satu orang yang menolak untuk membatalkan hubungan dengan mujahidin yang terkenal hari, dan yang telah tetap legenda hidup. Dia adalah seorang ulama yang berkualitas, dan, meskipun bukan Thalib (mahasiswa) ia telah bersedia bergabung dengan Taliban penyebabnya. Setelah mundur Taliban dari Afghanistan pada akhir 2001, Amerika Serikat telah menawarkan posisi teratas. Tapi ia memilih kehidupan yang sulit gerilya: bertemu Maulana Jalaluddin Haqqani, satu-satunya harapan bagi gerakan perlawanan Taliban untuk sukses melawan pasukan pimpinan Amerika di Afghanistan.

Taliban kebangkitan
Percakapan yang panjang - baik dari dan di catatan - dengan nama Taliban besar memberikan perasaan bahwa gerakan ini terus meningkat. Hal ini ditegaskan oleh kesediaan AS untuk merangkul setidaknya unsur-unsur Taliban sebagai penting untuk mencari penyelesaian politik yang langgeng untuk Afghanistan. Sampai sampai sangat baru-baru ini, inisiatif ini telah bertemu dengan kurang sukses. Sekarang tampaknya ada pemisahan antara Taliban pada pertanyaan, menunjukkan bahwa dari sisa-sisa gerakan Taliban, ada dua jenis luas Taliban.

# Taliban, para siswa, yang diambil dari madrasah (seminari, sebagian besar di Pakistan) yang memberikan studi mereka untuk melawan warlordism yang muncul di Afghanistan pada awal 1990-an. Tanpa kompromi mereka fundamentalis dengan keyakinan agama dan janji-janji mengakhiri anarki, mereka berkuasa pada 1996. Mereka kebanyakan antara usia 23 sampai 40 tahun, dan sangat setia kepada pemimpin mereka, Mullah Omar. Mereka masih Nya diehards.
# Non-mahasiswa yang tidak melawan gerakan Taliban dan menerima perintah. Mereka kemudian diberikan posisi yang berbeda selama rezim Taliban. Sebagian besar dari mereka memiliki keraguan tentang kepemimpinan seorang pria yang belum menyelesaikan studinya (Mullah Omar), dan ketika rezim Taliban jatuh mereka memilih untuk bergerak diam-diam ke daerah suku Pakistan. Sekarang mereka skeptis bahwa jaringan yang hancur Taliban, dengan sumber daya terbatas, akan dapat mengambil sebuah negara adikuasa, dan mereka mencari gencatan senjata antara pemerintahan Hamid Karzai di Kabul dan Taliban. Orang-orang ini penting dalam membantu menjembatani kesenjangan antara Taliban dan Amerika Serikat.

Haqqani's legenda
Semua komandan Afghanistan yang memimpin gerakan perlawanan terhadap Soviet, Haqqani masih tetap menjadi pahlawan. Walaupun sekarang hampir dua dekade yang lalu, Afghanistan orangtua masih menceritakan anak-anak mereka tentang para pahlawan dari masa itu: bagaimana Toran (Kolonel) Ismail Khan mengkhianati tentara komunis Afghanistan dan bergabung dengan saudara-saudaranya di Afganistan melawan, dan bagaimana Haqqani menolak untuk tinggal di Peshawar di Pakistan, lebih suka pegunungan, dari tempat ia diculik prajurit Soviet, menyergap konvoi mereka dan akhirnya merebut kota Afghanistan pertama dari rezim komunis Afghanistan - Khost pada tahun 1991.

Haqqani berdiri keluar dari mujahidin lain ketika ia tidak pernah disalahkan untuk warlordism, dan ia tampaknya benar-benar didedikasikan untuk penyebab perdamaian di Afghanistan. Ketika Taliban muncul pertama dia adalah orang yang paling kuat dari daerah, dan Taliban tidak dapat mengalahkannya. Tetapi ia menyerah tanpa syarat dan mendukung Taliban sebagai pekerja biasa. Sebagai hasilnya, dalam tahap awal, ia adalah satu-satunya non-Taliban untuk dijadikan menteri. Ketika Taliban mundur dari Kabul pada akhir 2001, dia adalah menteri untuk perbatasan.

Ketika itu menjadi jelas bahwa pemerintahan Karzai tidak memiliki kredibilitas yang memadai di seluruh negeri untuk stempel otoritas dan membawa perdamaian, ide tumbuh untuk meminta Taliban moderat. Haqqani adalah target utama pada beberapa kesempatan, yang paling baru yang sedang ditawari perdana menteri di bawah Karzai. Dia telah dengan tegas menolak semua pendekatan.

Dalam menghadapi rebuffs ini, saudaranya Ibrahim ditahan, dan kemudian salah seorang putranya, Ishaq, juga ditangkap dari Waziristan Utara dan masih dalam penjara Pakistan. Menggunakan Ibrahim dan Ishaq sebagai keripik tawar-menawar, baik US Central Intelligence Agency dan Pakistan's Inter Services Intelligence (ISI) telah mengirim pesan kepada Haqqani, meminta gencatan senjata. Tetapi sampai sekarang dia belum berubah posisinya.

Sekarang ia adalah mesin utama dalam gerakan Taliban. Baru-baru ini, pasukan Amerika menyeberang ke wilayah Pakistan di Waziristan Utara mencari Haqqani, tetapi dia tidak dapat ditemukan. Perlu dicatat bahwa Angkatan Darat Pakistan's Inter-Service Humas membantah misi seperti itu, meskipun Asia Times Online sumber bersikeras hal itu terjadi.

Sebuah cerita anak
Jalaluddin Haqqani adalah seorang pria kurus bertubuh kecil, dan begitu juga anak bersuara lembut Siraj, yang bertemu koresponden ini di tempat yang tak dikenal di perbatasan Pakistan-Afghanistan untuk membahas hal yang tersembunyi dalam gerakan perlawanan Taliban sekarang.

Asia Times Online: Dalam Waziristan Utara, aku mengunjungi Manbaul Ulom seminari dan milik ayahmu. Telah ditutup, dan rumah-rumah kosong. Bagaimana perasaan Anda?

Siraj: Ini adalah masalah kebanggaan, bukan rasa malu. Seminari itu tidak tertutup untuk semua hal yang buruk, tapi demi jihad.

Atol: Di Irak, gerakan perlawanan telah diderita korban tinggi pada pasukan AS. Perlawanan semacam ini tidak terlihat di Afghanistan. Mengapa?

Siraj: Lebih dari 100.000 pasukan asing ditempatkan di Irak dan mereka berada di setiap sudut dan sudut. Ini tidak terjadi di Afghanistan. Pasukan itu sedikit jumlahnya, dan tersembunyi di pangkalan mereka. Oleh karena itu, angka korban rendah.

Atol: Apakah ini berarti bahwa seluruh gerakan tanpa arah, dan tidak tahu ke mana harus mendapatkan musuh?

Siraj: Ini tidak terjadi. Dengan berlalunya waktu telah terjadi beberapa perkembangan. Terpenting adalah dukungan [bagi Taliban] di antara warga Afghanistan yang merupakan bagian dari pemerintah Afghanistan. Pasukan AS di Afghanistan menyadari fakta ini, dan karena itu, selain sesekali serangan komando, jangan patroli di Afghanistan. Mereka menyadari bahwa mereka tidak menikmati dukungan dari bangsa Afghanistan, dan hanya dengan dolar mereka bahwa mereka membeli beberapa tentara bayaran, yang, juga, dalam kenyataannya, adalah dengan gerakan perlawanan. Manifestasi dari fakta ini adalah laporan yang diterbitkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa yang secara jelas menggariskan bahwa 70 kabupaten di Afghanistan berada di bawah kontrol Taliban.

Atol: Saya mendengar bahwa Jalaluddin Haqqani ditawari gencatan senjata oleh Amerika Serikat melalui ISI, sebagai imbalan atas mana ia akan menjadi perdana menteri.

Siraj: seperti menawarkan juga baru-baru ini dilakukan melalui teman-temannya. Tapi dia mengajukan beberapa pertanyaan: "Setelah begitu banyak pembunuhan terhadap warga Afghanistan, melalui 'daisy cutter bom' dan sebagainya, akan aku duduk di pemerintahan di bawah komando Amerika Serikat? Jika saya melakukan ini, apakah saya akan sama dengan yang bertempur melawan Rusia, dan melihat ribuan teman-teman saya memberikan pengorbanan di jalan jihad? " Haqqani menolak tawaran itu.

Namun, beberapa teman masih bersikeras memulai perundingan langsung dengan Amerika Serikat, tetapi ayah saya tidak dapat melakukannya tanpa persetujuan dari ameerul momeneen [kepala faithfuls - Mullah Omar].

Saat ini, Taliban berkuasa, tetapi ada masalah dalam bahwa kita telah kehilangan perintah pusat. Kami memiliki banyak komandan yang sukses, tetapi sebagai pusat komando tidak ada untuk memberi hari-hari keputusan dan kebijakan, kami belum dapat melanjutkan dengan sangat baik sejauh ini dengan strategi kami. Juga, dengan tidak adanya semacam perintah pusat, sulit untuk membahas semua usulan ini datang kepada kita dengan para komandan.

Atol: Taliban diketahui mempunyai rencana untuk ofensif musim semi, yang sebagian akan melibatkan menangkap kota-kota besar menunjukkan kekuatan mereka. Tapi mereka hanya akan mengambil kota-kota selama beberapa jam, dan kemudian mundur (karena supremasi udara AS).

Siraj: Taliban memiliki kemampuan untuk mengambil semua kota Afghanistan sekaligus, tapi kami tidak ingin membuat warga sipil yang kambing hitam terhadap pemboman AS. Kami sedang bekerja pada beberapa strategi, dan dalam hitungan dua bulan Anda akan melihat beberapa perkembangan drastis.

[Jumlah Taliban terlibat dalam perang gerilya di Afghanistan diyakini berada dalam ribuan, tetapi di bawah 10.000. Namun, untuk operasi seperti mengambil sebuah kota, jumlah mereka akan meningkat secara signifikan oleh penduduk setempat, yang, setelah pertempuran berakhir, meleleh kembali ke penduduk.]

Seorang panglima perang dan kepala Taliban di Waziristan Utara, Jalaluddin Haqqani yang diyakini sebagai arsitek serangan Taliban saat ini di AS dan pasukan koalisi di Afghanistan dan dia dipuji karena memperkenalkan taktik baru - bom bunuh diri.

Haqqani telah memiliki sejarah panjang dengan Saudi, Amerika dan badan-badan intelijen Pakistan. Selama jihad Afghanistan melawan Soviet, ia adalah salah satu komandan yang disukai dan menerima jutaan dolar dari Barat dan Saudi, serta rudal Stinger, granat roket, mortir, bahan peledak dan tank. Ia menjadi dekat dengan Osama bin Laden selama jihad dan setelah Taliban mengambil kendali, ia menjabat sebagai menteri urusan suku dalam pemerintah. Dia telah bekerja dengan intelijen Pakistan selama lebih dari 20 tahun; Amerika Serikat telah berulang kali meminta Pakistan untuk menangkap atau membunuh dia.

Di sini, jurnalis Steve Coll berbicara tentang kebangkitan Haqqani untuk terkenal dan menjelaskan mengapa, tak lama setelah 9 / 11, Amerika Serikat dan Pakistan dianggap mencoba membujuk Haqqani untuk beralih sisi. Juga berbicara tentang Haqqani - dan apakah pemerintah Pakistan yang tahu di mana dia berada - adalah Petrus Tomsen, yang menjabat sebagai utusan AS untuk Afghanistan dari 1989-1992; Munir Akram, Duta Besar Pakistan untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa; wartawan Ismail Khan; dan Nek Zaman , pro-Taliban pemimpin suku dan anggota Kongres dari Waziristan Utara.



* Video
*

"The Story of a Warlord"
Bab Lima dari laporan FRONTLINE Haqqani menceritakan cerita dan dapat dilihat pada situs ini.
* Related Link
* Melalui Mata Taliban
Wawancara dengan putra Haqqani di mana ia menjelaskan mengapa ayahnya menolak tawaran Amerika Serikat dan Pakistan untuk beralih sisi setelah 9 / 11. Dia mengatakan ayahnya tidak akan berunding dengan Amerika Serikat tanpa pemimpin tertinggi Taliban Mullah Omar izin. (Asia Times Online, 5 Mei 2004)

Penulis, Ghost Wars
membaca wawancara lengkap

Steve Coll

Jalaluddin Haqqani ... adalah sosok yang sangat penting pada 1980-an. Dia adalah seorang terlambat mengkonversi ke Taliban, dan dia telah memiliki panjang dan hubungan yang sangat dekat dengan ISI dan terutama dengan biro Afghanistan ISI.

Selama tahun 1980-an, Haqqani menerima saham luar biasa yang didanai CIA dan didanai Saudi-materi perang yang dikirim ke Afghan depan. Selama tahun 1990-an, ia tetap komandan yang sangat penting dan juga pengumpulan dana karena koneksi di Teluk Persia. Dia adalah seorang pejuang yang berpikiran independen, dan Taliban ingin dia di pihak mereka. Pada tahap tertentu pada 1990-an, ia setuju untuk jenis terbang di bawah bendera Taliban, dan ia menjadi, pada akhirnya, interior menteri dalam pemerintahan Taliban.

Tapi selalu ada pertanyaan tentang apakah benar-benar Haqqani Taliban, karena ia tidak keluar dari Kandahar, ia bukan bagian dari kelompok inti. Dan itu cukup masuk akal untuk percaya setelah 9 / 11 bahwa mungkin ia dapat membalik.

Pada saat ini bahwa Amerika Serikat dan Pakistan mulai berpikir tentang, yah, bagaimana kita akan mengalahkan militer Taliban, gagasan untuk mengubah Haqqani membujuk pihak cepat terjadi kepada mereka. Mereka memanggil dia ke Pakistan, dan mereka memiliki serangkaian pertemuan dengan dia, yang isinya tidak diketahui. Ada beberapa harapan bahwa dia akan, untuk uang atau demi kebijakan Pakistan yang baru, mengubah kesetiaan. Tapi ia tidak. Dia pergi tanpa gangguan, pergi kembali ke perbatasan Afghanistan, dan telah melancarkan perang sejak itu, dalam beberapa pengertian, terhadap kedua Pakistan dan Amerika Serikat.

Sekarang, ISI petugas yang bekerja dengan Haqqani, yang telah menjadi mitra selama jangka waktu yang panjang, kesetiaan mereka jelas-jelas dibagi pada saat yang sama Haqqani sendiri sedang berusaha untuk membuat keputusan. Saya pikir ini cukup masuk akal untuk menganggap bahwa keputusan yang Haqqani dibuat untuk menolak perjanjian ini, untuk yang berlaku mengkhianati Taliban, bahwa perasaan yang dianut oleh banyak rekan-rekannya di dalam ISI. ...

Jalaluddin Haqqani telah sangat lama dan akrab akar, dan sejarah panjang dengan bin Laden secara pribadi. Ketika Al-Qaeda dibentuk di sepanjang perbatasan Afghanistan-Pakistan pada musim panas 1988, kamp pertama di wilayah Haqqani. Infrastruktur pertama Al-Qaeda pada dasarnya diawasi oleh Haqqani. Haqqani sendiri mengumpulkan uang berulang kali di Arab Saudi dan sudah kaya kontak dengan pejuang Arab yang datang ke wilayah. Dia adalah pelindung Afghanistan mereka dalam banyak cara.

Dia adalah seorang pejuang yang efektif luar biasa, dan dia juga memiliki manfaat dari dukungan yang disukai dari ISI dan CIA, dalam hal ini, sampai akhir Komunis anti-perang di Afghanistan.

Jadi bin Laden dan Haqqani akan saling mengenal selama 15 tahun oleh waktu Bin Laden datang menyeberangi perbatasan setelah Tora Bora.

Jadi dia lari ke dalam pelukan seorang teman?

Seorang saudara.

Dan Haqqani berbasis di Miram Shah, di Waziristan Utara?

Di daerah itu. Dia selalu didasarkan kanan sekitar Miram Shah.

Dia Pakistan atau Afghanistan?

Dia seorang Afghanistan yang memiliki kredibilitas dalam hal identitas sosial di daerah Shah Miram, tapi kebanyakan dia mendapatkan reputasinya dengan menjadi yang luar biasa efektif, berani dan ulet pejuang perang. Dia berjuang Komunis di daerah itu sekitar Miram Shah ... sangat efektif.

Dia berada di bawah api sendiri, terluka, dirawat di rumah sakit di Teluk Persia, kembali ke medan. Aku berpikir banyak Saudi dan Arab Teluk lainnya yang akan bertemu dengannya di haji, di mana ia akan mengumpulkan uang di tenda-tenda di Mekkah, ia adalah simbol dari Afghanistan keberanian dan kemandirian dalam menghadapi pendudukan Soviet. Dia datang untuk memahami melalui akuisisi sendiri bahasa Arab dan sering berkunjung ke Arab Saudi bahwa reputasinya adalah sesuatu yang bisa membawanya ke sumber daya yang banyak saingannya komandan tidak bisa miliki.

CIA dan ISI pada akhir '80-an juga melihat Haqqani sebagai komandan yang sangat efektif melawan pasukan Soviet. Ia bersedia untuk berperang. Dia tidak pergi ke banyak pertemuan; dia mungkin sedikit kasar, tetapi Amerika akan naik ke Miram Syah dan duduk bersila di pertemuan dengan dia sebagai uang tunai dan senjata-senjata itu diarahkan jalannya. Mereka datang pergi dengan kesan yang mirip dengan peziarah di haji: Ini adalah seorang pejuang perang Afghan. Ini yang berpikiran independen, berbahaya, tetapi seseorang kita bisa melakukan bisnis dengan. Haqqani menerima banyak dukungan.

Pada saat yang sama, ia mengendalikan wilayah ini sekitar selatan Khyber Pass ... yang jelas titik persimpangan sukarelawan seperti bin Laden, yang berbasis di Peshawar. Ini bukan suatu kebetulan bahwa kamp-kamp yang pertama diciptakan bin Laden di Afghanistan, Lion's Den dan beberapa infrastruktur yang terkait bahwa ia mulai membangun, berada di wilayah Haqqani.

Utusan khusus AS dan duta besar di Afganistan, 1989-1992
membaca wawancara lengkap

Peter Tomsen

[Haqqani] adalah klien kami.

Kanan. Dia juga klien ISI.

Dan CIA membangun banyak kemampuannya.

Ya.

Melalui ISI.

Ya.

[Dia] telah menjadi rekan bin Laden untuk waktu yang lama, bukan?

Ya, sangat dekat dengan bin Laden. ... Haqqani adalah komandan militer utama Taliban. Dia memimpin banyak kampanye destruktif yang menghancurkan Plain Shomali utara Kabul, yang telah dikuasai Aliansi Utara sebelumnya.

Dia adalah seorang pejuang yang baik?

Dia adalah seorang pejuang yang baik. ... Dia adalah seorang mullah lokal selama jihad, tapi orang yang punya hubungan klien-patron dengan ISI. Seperti komandan lain, ia akan pergi ke markas ISI di Peshawar dan secara berkala bertemu dengan ISI jenderal atau kolonel.

Dia juga datang ke Islamabad untuk rapat.

Dia akan datang ke Islamabad untuk pertemuan, tetapi ia akan selalu berada di luar selama lebih - sesuatu untuk menarik lebih banyak persenjataan, lebih banyak uang untuk dirinya sendiri sebagai ratusan komandan lainnya coba lakukan. Dan ISI akan duduk di kantor mereka dan katakan padanya, "Yah, kita akan memberikan banyak untuk ini ini banyak laki-laki, dan kami ingin Anda untuk mengambil serangan khusus ini."

Bersama-sama mereka akan mendiskusikan rencana ISI selama beberapa bulan, yang Haqqani kemudian akan melaksanakan. Dia tidak akan merancang strategi sendiri. Ia akan diperintahkan oleh ISI pada apa yang harus dia lakukan. Dan komandan lain akan juga.

Dalam serangan di Khost pada bulan Januari 1991, yang merupakan benteng komunis besar pertama jatuh setelah Soviet tersisa ... ada perwira ISI diposisikan dengan kelompok-kelompok mujahidin yang berbeda, yang tidak mau bekerja sama dengan satu sama lain dalam serangan umum, karena perbedaan mereka. Namun, perwira ISI dikerahkan dengan masing-masing kelompok ... [termasuk] dengan kelompok Haqqani.

ISI terus mereka bersama-sama?

ISI akan membuat mereka tetap bersama-sama, dan ISI akan memiliki komunikasi yang terpisah, para perwira, sebelum serangan. Mereka akan menyediakan semua persenjataan untuk menyerang. Mereka akan membantu posisi itu untuk menyerang.

[Apakah ISI tahu di mana Haqqani ini?]

ISI tahu persis di mana Osama bin Laden adalah, al-Zawahiri adalah. ... Mereka tahu di mana Haqqani ini.

Duta besar Pakistan untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa
membaca wawancara lengkap

Munir Akram

Jalaluddin Haqqani - mengapa kau tidak menangkapnya?

Well, saya pikir Jalaluddin Haqqani, kalau dia sudah menemukan, aku yakin dia akan ditangkap.

Tapi ISI jelas adalah organisasi yang sangat mampu dengan meneken kesepakatan jangka panjang untuk Haqqani. Bahkan post-9/11, anda berbicara dengan dia. Kenapa tidak menangkapnya?

Yah, itu pertanyaan yang akan kita harus melihat. Menangkap dia mungkin menjadi sesuatu yang kita harus lakukan. Tapi aku tidak yakin apakah kita tahu di mana dia berada atau apakah kita mampu saat ini mendapatkan dia.

Para pejabat Amerika mengatakan bahwa itu tidak dipercaya bahwa ISI tidak bisa menangkap Haqqani, dan dengan demikian bisa mendapatkan jauh lebih dekat dengan bin Laden.

Saya tidak yakin penilaian petugas Amerika itu menjadi benar. Saya pikir situasi di lapangan bisa jauh lebih kompleks.

Tapi dia seorang ISI aset selama bertahun-tahun.

Tapi itu tidak berarti bahwa kita tahu di mana dia.
ismail kahn

Wartawan, Dawn dan The New York Times

Ismail Khan

Jalaluddin Haqqani, komandan Taliban atas, dia memiliki basis ada di Waziristan Utara, dekat Miram Shah. Dia punya rumah di sana dan masih sebuah madrasah di sana di Miram Shah. ...

Jadi dia duduk di Miram Shah? Musharraf tahu dia ada di sana?

Tidak, ia tidak tinggal di sana dirinya dalam Miram Shah. ... Dia memiliki sebuah madrasah di sana, dan aku diberitahu bahwa baru-baru ini punya rumah di sana juga. Dia sendiri tidak ada.

Ada beberapa serangan di sana, gagal penggerebekan di madrasah dan di rumahnya. Dan ada satu serangan khusus pada salah satu senyawa, dan ada cache besar senjata dan amunisi dibuang di bawah tanah. Itu digali dan truk senjata, senjata, dan amunisi itu pulih dari daerah itu.

Pro-Taliban pemimpin suku dan anggota Kongres dari Waziristan Utara

Nek Zaman

Jalaludin Haqqani. Apakah dia seorang pahlawan atau apakah dia seorang penjahat?

Itu adalah Amerika yang membuat orang ini seorang mujahid melawan Uni Soviet. Kaulah orang-orang yang mengatakan kepada kami bahwa ia adalah seorang mujahid dan pahlawan dan kita masih mengatakan bahwa ia adalah seorang mujahid dan pahlawan. Walaupun minat Anda dengan dia yang berubah, bagi kita ia masih seorang pahlawan,

No comments:

Post a Comment